Kamis, 10 Juli 2014

Membuat aplikasi input dan penjualan barang dengan java NetBeans dan MySQL bagian 2

oke seperti janji, saya akan melanjutkan project saya.

Form Main menu.
dalam file ini saya memakai palette: Jpanel, Jmenu, 2 JLabel untuk gambar background dan 3 JmenuItem.




untuk memberi gambar pertama drag & drop Jlabel ke frame lalu kosongkan teksnya, lalu pilih icon bergambar titik di icon. karena saya memakai Jpanel makan JLabel diletakan di Jpanel dan set layout Jpanel dengan cara klik kanan Jpanel di tab navigator (biasanya di sebelah kiri dan dibawah tab project) pilih setLayoutnya menjadi Absolute Layout.


untuk gambar lebih baik diletakan dalam package jadi tidak akan hilang saat project berpindah tempat (misal project kamu di documen dan kamu copy ke flashdisk). pilih packagenya yang ada di tray lalu pilih filenya di tray file.




codingan untuk menunya ada dibawah nih,


saat memilih salah satu menu, form akan berpindah ke form lain. itu dikarenakan memakai fungsi dispose() yang berguna untuk menutup form dan untuk pindah ke form lain memakai fungsi nama_variabel baru form.setVisible(true). mengkondisikan untuk memperliharkan form yang dimaksud saat main menu di dispose.

untuk exit menu bisa memakai JOptionPane.YES_NO_OPTION yang dinyatakan dalam type data integer lalu membuat kondisi dengan IF statement.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar